Makanan Tradisionil Lampung Nikmat Sekali

Makanan Tradisionil Lampung Nikmat Sekali

8 Makanan Tradisionil Lampung Nikmat Sekali Pas Untuk Oleh-oleh

Makanan Ciri khas tradisionil Lampung, Lampung mempunyai banyak tempat memikat buat ditelusuri. Tiap wilayah mempunyai tujuan menarik untuk disinggahi.

Begitupun untuk kepentingan makanan. Lampung populer mempunyai makanan ciri khas yang populer sedap. Jadi, saat Anda traveling ke Lampung, tidak boleh terlewat untuk mencicip makanan ciri khas Lampung yang cukup terkenal.

Baca Juga: Makanan Tradisionil Indonesia yang Nikmat

Anda dapat mencicip kue-kue yang dapat dibawa untuk oleh-olehan, sampai makanan tradisionil yang sedap.

1. Tempoyak

Kemungkinan nama tempoyak ini masih asing ya guys ditelinga, nah tempoyak ini dibuat dari durian yang di peragiankan yang mempunyai rasa, asin, manis, sedikit pedas, tempoyak ini umumnya jadi sambal .Tempoyak in dapat anda olah sendiri walau tidak beli, triknya ialah anda beli daging durian yang banyak terkandung air, lalu dipisah dengan bijinya, lalu berisedikit garam, tambah cabai rawit, Makanan ciri khas Lampung yang ini benar-benar terkenal. Tempoyak memiliki bahan landasan durian yang telah difermentasikan. Untuk proses pengerjaan tempoyak benar-benar gampang. Untuk bikin tempoyak yang sedap harus memakai durian dengan kualitas yang bagus dan telah betul-betul masak. Sesudahnya Anda dapat pisahkan di antara biji dengan daging durian lalu diberi sedikit garam. Seterusnya, ditambah cabai rawit seperlunya. Bila semuanya sudah dikerjakan, Anda dapat simpan di lokasi yang tertutup atau dapat dimasukkan pada dalam kulkas untuk percepat reaksi peragian tempoyak. Jika sudah difermentasikan sepanjang 2 sampai 5 hari, selekasnya olah dengan kombinasi ikan. Anda busa memakai ikan mujair, teri, mas dan yang lain.

2. Engkak

Engkak ini ialah makanan tradisionil Lampung yang mempunyai cita-rasa manis, engkak ini terbagi dalam telur, mentega, tepung ketan, gula, santan, susu kental manis dan lalu dimasukkan pada loyang, kemudian di panggang, engkak ini hampir serupa dengan lapis legit, tetapi struktur engkak lebih halus, dan lumer dimulut, waktu bertandang ke Lampung kalian harus sekali membeli engkak untuk oleh-olehan di dalam rumah guys.

3. Pindang

Kulineran yang ini benar-benar sanat sedap dan jadi makanan di lampung yang telah hits sekali dan harus anda coba bila ada di Lampung, pindang ini terbagi dalam ikan yang mempunyai kuah kuning, sedikit kental, dan rasanya asam, manis, hampir serupa dengan Tom Yam kuah Thailand yang umumnya dihidangkan dengan suki. pindang ini nampak sedap guys waktu dikasih daun kemangi pada atas satu mangkuk pindang ini. Yok buruan coba Pindang ditanggung suka!

4. Bakso Haji Soni

Bila anda pecinta bakso harus sekali nih coba bakso yang ini, sebab bakso sony ini populer dengan kelzatan baksonya, dan bakso di sini dibuat dari daging sapi yang asli, teksturnya kenyal, renyah, dan kuahnya oke!!! untuk mendapati bakso haji soni ini benar-benar mudah, sebab ada banyak cabang di lampung, nah ayuk boyong bakso buat oleh-olehan. 1 jatah bakso di sini anya diberi harga 15 ribu dan sampai 25 ribu, harga murah, rasanya sedap, dan ditanggung suka guys.

5. Umbu

Umpu ini mempunyai cita-rasa yang pahit dan nyaris sama dengan pare. umbu ini ialah rotan muda yang umumnya direbus sampai lunak dan umumnya umbu ini diolah orak-arik, dan seringkali orang lampung umumnya makan umbu ini ibarat lahapan. bila anda senang pahit karena itu harus sekali coba umbu ciri khas Lampung.

Makanan yang ini benar-benar cukup sedikit pahit seperti pare. Umbu adalah makanan yang memakai bahan khusus rotan muda. Dalam proses pembikinannya, rotan direbus sampai lunak. Umbu ini kerap jadi selaku bahan landasan sayur seperti tumis atau disajikan selaku lahapan. Umbu ini bukan hanya memakai rotan selaku bahan intinya, Anda bisa juga menambahkan bahan yang lain sesuai hasrat.

6. Gabing

Gabing ini ialah makanan ciri khas lampung yang terbagi dalam tangkai kelapa yang muda lalu di potongi dan direbus. umumnya gabing ini dibuat dengan santan, hingga mempunyai rasa gutrih, asin dan manis. bila anda tidak senang dengan makanan yang erkuah umumnya gabing ini diolah dengan daging, jamur, dan orak-arik. Gabing ini mempunyai struktur yang sedikit benyek, renyah, dan tentunya sedap.

7. Seruit

Seruit ini makanan ciri khas lampung yang umumnya di sajikan waktu beberapa acara besar seperti pernikahan, acara tradisi, dan acara besar yang lain. Seruit ini adalah ikan bakar yang digabung dengan sambal terasi, tempoyak, dan dikasih potongan mangga muda. rasa nya renyah, dan bumbu dari seruit ini berasa manis, pedas, dan tentunya membuat suka waktu dikonsumsi dengan nasi hangat. untuk menukan seriut ini anda dapat membeli di depot-depot yang berada di Lampung.Seruit adalah salah satunya makanan ciri khas Lampung yang kerap disajikan waktu ada acara keluarga, pernikahan, acara tradisi dan keagamaan. Seruit kerap jadi makanan dasar yang dimakan setiap hari oleh warga Pepadun. Ikan yang dipakai untuk bikin seruit berawal dari sungai. Umumnya, yang digunakan ialah ikan baung, ikan balide, ikan layis dan yang lain

Sambal Asam Kembang

Sambal asam kembang adalah salah satunya makanan ciri khas Lampung yang mempunyai rasa cukup sedap dan nikmat. Proses pengerjaan sambal asam kembang benar-benar tidak memakai asam. Cabai diolah dengan terasi dan buah Kemang atau disebutkan mangga muda. Sambal asam kembang ini bisa juga dikonsumsi dengan makanan ciri khas dari kota Lampung. Disamping itu, Anda bisa juga jadikan sambal asam kembang ini selaku oleh-olehan dari kota Lampung.

Gabing

Bahan baku Gabing cukup unik sebab dibuat dari tangkai kelapa yang muda. Tangkai kelapa itu diproses dengan diolah atau direbus selanjutnya ditambah santan dan bumbu opor. Gabing berupa sayur atau berkuah dengan cita-rasa yang unik dan sedap, supaya makin sedap, Gabing umumnya ditambah dengan daging, jamur. Gabing dipasarkan pada harga kurng lebih dimulai dari Rp 10.000/porsi

Geguduh

Geguduh adalah cemilan manis yang dibuat dari pisang kepok dan ada juga yang digabung selai, susu, dan tepung terigu.Geguduh dibikin dengan dimasak hingga tekstur-nya berasa sedikit gurih tetapi halus.Umumnya supaya lebih beraroma akan ditambah daun pandan atau air kapur sirih. Geguduh benar-benar pas dikonsumsi selaku cemilan untuk temani minum kopi atau beberapa acara spesifik.Geguduh dapat kalian peroleh lebih kurang dimulai dari Rp. 2000/biji.

Pempek Lampung

Kecuali di Palembang pempek jadi kulineran favorite di Lampung, ini karena saat sebelum jadi propinsi sendiri Lampung ialah sisi dari daerah Sumatera Selatan. Pempek Lampung sendiri dibikin dari masakan daging ikan laut seperti ikan tenggiri dengan tepung kanji.Seperti pempek Palembang, ada juga cuko atau sauce dari air yang dididihkan, selanjutnya ditambahkan gula merah, ebi (udang kering), cabai rawit tumbuk, bawang putih, dan garam selaku pendamping pempek Lampung. Rasa yang dibuat nikmat, renyah, dan jika yang menyukai pedas umumnya ditambahkan cabai. Harga Pempek Lampung sekitar dimulai dari Rp. 5000.

Nah guys makanan yang ada di atas unik-unik kan? makanan yang ada di atas ini harus sekali dicoba waktu anda ada di Lampung, dan yakinkan anda membelnya untuk oleh-olehan keluarga, rekan, atau orang tercinta, Yok buruan coba makanan tradisionil Lampung ditanggung berlibur anda membahagiakan. Selamat mempraktikkan!!!